Friday, March 21, 2008

Ketika Rakyat Aceh Bentuk Timnas Sendiri?


Saya tak mau berpanjang-panjang dengan judul dan tulisan ini. Baca saja sendiri berita yang saya kutip dari Jawa Pos ini. Wuih...menggiurkan, seandainya Aceh memang punya tim yang setara dengan tim nasional (Timnas).



''Langkah Badan Tim Nasional (BTN) mengirim Timnas U-16 ke Amerika Latin bakal diikuti oleh Pengda Aceh. Rencananya, dua bulan lagi, 24 anak Aceh yang tergabung di tim U-15 akan diberangkat Pengda Aceh untuk menimba ilmu ke Amerika Latin.



Cuma, tempat menuntut ilmu itu bukan di Uruguay, namun di Paraguay. Sama halnya dengan Timnas U-16, Tim Aceh U-15 tidak hanya setahun di Amerika Latin. Jika Timnas U-16 di Uruguay selama empat tahun, skuad Aceh U-15 nanti akan berguru di Paraguay selama tiga tahun.



Selama di Paraguay, bocah-bocah Bumi Serambi Makkah tersebut akan ditangani oleh pelatih asal Paraguay. "Program ini bukan untuk bersaing dengan timnas. Tapi, kami ingin membentuk tim Aceh yang tangguh di masa depan. Program ini didukung penuh pemerintah provinsi," ujar Zaenudin Hamid, ketua Pengda Aceh.



Karena dimaksudkan untuk membentuk tim masa depan Aceh, maka pemain yang akan diberangkatkan ke Paraguay disaring dari seantero pejuru Tanah Rencong tersebut. Menurut Zaenudin, saat ini seleksi itu mulai dijalankan di 15 kabupaten serta empat kotamadya di Aceh.



"Seleksi ini tidak main-main. Berdasar konsultasi kami dengan Pak Rahim (Soekasah, ketua BTN, Red), seleksi tidak hanya difokuskan masalah skill, tapi juga terkait dengan perihal kesehatan dan intelegensia," sebut Zaenudin.



Dia menuturkan, seleksi itu langsung dipandu oleh tim pelatih asal Paraguay. Karena itu, Pengda Aceh berani menyebut seleksi tersebut bukan seleksi asal-asalan."Jadi, pemain yang berangkat nanti adalah pemain pilihan. Tidak ada yang titipan," ucap Zaenudin.



Dari kalkulasi, sekembali dari Paraguay, tim tersebut merupakan skuad U-18. Nah, menurut perhitungan Pengda Aceh, dengan usia 18 tahun, kematangan bermain sepak bola sudah terbentuk. Berangkat dari situ, Pengda Aceh akan menjadikan tim itu sebagai kekuatan mereka untuk bertarung di kancah sepak bola nasional.



"Memang tidak bisa langsung. Kami tentu bertahap. Untuk itu, sepulang dari Paraguay, tim tersebut akan tetap berada dalam satu kesatuan. Mungkin, saat usia mereka memasuki umur 21, harapan kami melihat tim Aceh hebat akan terwujud," tutur Zaenudin. ''

No comments:

Ketika Rakyat Aceh Bentuk Timnas Sendiri? ~ Blog Football News